Pelatihan Sistem Jaringan Penataan Ruang – Jakarta

Pada peluncuran Forum Pengembangan Wilayah dan Perdesaan Berkelanjutan (SRREDFI) pada tanggal 23 Mei 2013, diluncurkan pula sistem jaringan penataan ruang SIGAPTARU sebagai wadah komunikasi untuk memberikan informasi dan diskusi mengenai isu-isu kewilayahan dan tata ruang.

Untuk terus dapat mengupdate informasi terkait tata ruang dan isu terkait pengembangan wilayah dan perdesaan melalui SRRED-FI, dibutuhkan sinergi berbagai pihak baik dari pemerintah, sektor swasta, masyarakat, universitas dan LSM. Pengembangan kapasitas berbagai elemen tersebut dibutuhkan untuk mendukung tercapainya penataan ruang yang lebih baik. Sehingga pada tanggal 21 Mei 2014, dilakukan pelatihan SIGAPTARU bertempat di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

Pelatihan ini menghadirkan berbagai narasumber yang aktif bekerja menggunakan tool spasial yaitu dari Badan Informasi Geospasial, Human Open Street Map (HOT), Jaringan Kesatuan Pemetaan Partisipatif (JKPP) dan rekan-rekan dari WWF Indonesia, WWF US dan WWF Germany.

Di dalam pelatihan ini peserta diberikan pemahaman mengenai pentingnya keterlibatan semua pihak dalam mewujudkan rencana tata ruang yang sudah disusun. Selain itu dibangunnya Sigaptaru juga tidak terlepas dari tujuan untuk memetakan Local Knowledge Indonesia yang sangat disayangkan masih kurang mendapat perhatian.

Berbagai aplikasi pendukung Sigaptaru seperti menggunakan tool GIS (ArcGIS/QGIS, GeoODK), aplikasi Andoroid (ODK) secara singkat juga dipresentasikan pada pelatihan ini. Perlu diingat bahwa Sigaptaru tidak mengharuskan penggunanya untuk bisa menggunakan tool spasial (GIS).

Setelah dilakukan presentasi dan diskusi di kelas, peserta diajak mempraktekkan hasil teori yang diterima di lokasi terbuka yaitu di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Setelah selesai mengambil data peserta kembali ke kelas dan dilakukan pelatihan bagaimana menginput data tersebut di Sigataru. Kegiatan ditutup oleh perwakilan dari Direktorat Jenderal Penataan Ruang, Kementerian Pekerjaan Umum.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *